Cara Edit File PDF di Laptop atau Pada Komputer (Lengkap)

 

 

HarianPapuaNews.id – Halo soba, pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara edit File PDF di laptop pada komputer dengan mudah . Pastinya Kalian membuka artikel ini juga karena ingin mengetahui caranya bukan?. Maka dari itu kalian bisa menyimak artikel ini untuk dapat mengetahuinya.

Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa sebenarnya file pdf masih bisa diedit .Dan merasa kebingungan saat ternyata didalam file pdf tersebut terdapat kesalahan yang harus diperbaiki. Nah apabila kalian juga mengalaminya. Kalian tidak perlu Khawatir akan hal itu, karena file pdf sendiri masih dapat diedit loh. Lantas bagaimana caranya .

 

Saat ini sebenarnya sudah terdapat banyak sekali website yang bisa kalian gunakan untuk mengubah file pdf . Tetapi dari sekian banyak website tersebut, biasanya merupakan website berbayar. Dan bahkan pada kenyataanya kebanyakan situs situs tersebut tidak benar benar dapat mengedit file pdf dengan baik.

Biasanya di dalam website website tersebut tidak menyediakan fitur yang lengkap, biasanya hanya bisa digunakan untuk mengedit teks di dalam file pdf tersebut.

Maka dari itu menggunakan komputer untuk mengubah file pdf adalah cara yang tebaik .Karena dengan ini kalian akan bisa mengedit file pdf kalian dengan sangat mudah.Tentunya akan ada langkah langkah yang harus kalian lakukan untuk dapat mengedit file pdf tersebut.

Nah sebenarnya bagaimana sih cara edit file pdf pada komputer. pastinya kalian penasaran dan segera ingin tahu bukan.

Namun sebelum kami menjelaskan bagaimana cara edit file pdf di laptop online. Kami akan menjelaskan sebenarnya apa sih file pdf itu. Lagipula Ini dapat menambah wawasan kalian juga. Tetapi jika kalian ingin langsung mengetahui caranya kalian bisa melewati penjelasan ini.

Apa Itu File PDF?

 

Cara Edit File PDF

PDF atau Portable Document Format merupakan sebuah format berkas yang diciptakan oleh Adobe System.  Format ini sendiri dibuat pada tahun 1993 dan digunakan untuk kebutuhan pertukaran dokumen digital. Bahkan sampai saat ini format pdf menjadi format terbaik untuk digunakan sebagai file pertukaran dokumen.

Nah mengapa format pdf menjadi pilihan terbaik dan sering dipakai sebagai alat untuk pertukaran file.Tentunya karena file dengan format pdf memiliki banyak keunggulan yang ada didalamnnya. Apkah kalian penasaran dengan keunggulan yang dimiliki oleh pdf ini. Jika benar kalian bisa menyimak penjelasan tentang keunggulan pdf di bawah ini.

Keunggulan File PDF

Cara Edit File PDF

Sebagai sebuah jenis file yang sangat populer dan banyak digunakan, tentunya pdf ini memiliki banyak kelebihan daripada format lain. Apa saja kira kira Kelebihan yang dimiliki oleh pdf. Untuk mengetahuinya kalian bisa menyimak ulasan di bawah ini.

Berikut ini adalah keunggulan keunggulan yang dimiliki  oleh file dengan format PDF :

1. Fleksibel

Kelebihan yang paling utama dari file yang menggunakan format pdf adalah kefleksibelannya. Karena file dengan format ini akan dapat dibuka diberbagai perangkat seperti Komputer, ponsel, dan tablet.

Bahkan sebuah browser bernama Mozilla Firefox juga dapat membuka file dengan format pdf ini .Dengan kemampuannya ,data yang ada pada file dengan format pdf dapat dibaca oleh browser yang satu ini.

2. Tampilan Tetap

Selain kelebihan tadi kelebihan yang satu ini juga menjadi alasan penting kenapa banyak orang lebih memilih menggunakan format pdf daripada format lain. Pastinya saat kalian menggunakan software microsoft word dengan versi tertentu. Dan kemudian kalian menyimpan file tersebut dengan format docs.

Terkadang tampilan didalamnya akan berubah jika kalian membukanya dengan microsoft word dengan versi lain. Nah jika kalian menggunakan format pdf , Hal ini tidak akan terjadi. Sehingga kalian tidak perlu khawatir tampilan di dalamnya akan berubah jika ingin mengeprint dokumen kalian disuatu tempat.

3. Dapat di Edit

Mungkin banyak orang beranggapan bahwa dokumen dengan format pdf sudah tidak dapat di edit lagi. Karena format pdf tidak hanya menyimpan dalam bentuk teks saja , tetapi menyimpan dalam bentuk gambar. Nyatanya file dokumen dengan format pdf masih bisa diedit loh .

4. Dapat Diberi Kemanan

Kelebihan terakhir yang dimiliki file dokumen dengan format PDF adalah kita dapat memberikan pasword sehingga tidak akan bisa dibuka atau diubah oleh sembarangan orang. Dengan begini menggunakan file dengan format pdf akan lebih aman.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh file dengan format Pdf. Dan keunggulan keunggulan tersebutlah yang membuat file dengan format yang satu ini begitu populer dan banyak digunakan dalam berbagai kebutuhan dokumen digital.

Kekurangan File PDF

Selain memiliki banyak keunggulan . FIle pdf sendiri juga memiliki kekurangan ,kira kira apa ya kekurangan yang dimiliki oleh pdf .Kekurangan dari file dengan format pdf adalah file pdf sulit untuk diedit. Tidak seperti format dokumen microsoft word yang bisa diedit dengan mudah . File PDF menyimpan data dalam bentuk gambar dan akan sulit untuk mengubahnya.

Tetapi sulit bukan berarti tidak bisa dilakukan ya . Mengedit file PDF masih bisa dilakukan kok. Hanya saja tidak semudah mengedit file dengan format lain seperti word, dan exel. Perlu dilakukan tahapan tahapan tertentu agar bisa mengeditnya. Dan untuk mengeditnya akan lebih mudah jika menggunakan perangkat komputer.

Nah kira kira bagaimana tahapan tahapan tersebut. Untuk mengetahuinya kalian bisa menyimak ulasan di bawah ini tentang cara edit file pdf pada komputer.

Cara Edit File PDF pada Komputer

Cara Edit File PDF

Untuk bisa melakukan edit file pdf dengan mudah , diperlukan software berupa microsoft word dengan versi minimal microsoft word 2013. Untuk versi dibawahnya kami tidak yakin bisa melakukannya karena belum pernah mencobanya .

Nah jika kalian masih menggunakan versi dibawah 2013 , kami sarankan untuk mengupdatenya terlebih dahulu ke versi yang lebih baru. Dengan begitu kalian pastinya akan mendapatkan fitur fitur baru. Dan tentu saja kalian akan bisa mengedit file PDF pada komputer kalian

Jika kalian sudah menggunakan Microsoft word dengan versi 2013 keatas , kalian bisa mengedit file pdf dengan langkah langkah sebagai berikut.

1. Mengubah Format

Dengan memakai Microsoft word 2013 keatas , File pdf kalian akan diubah formatnya secara otomatis sehingga bisa langsung kalian edit . Saya sendiri menggunakan Office 365 yang pastinya memiliki fitur ini.

Berikut langkah langkahnya :

  1. Buka Microsoft word pada perangkat komputer anda.
  2. Kemudian kalian pilih Open>Browse> dan cari file pdf yang nantinya akan kalian ubah isinya.Cara convert dokumen
  3. Tunggu proses conver sampai selesai

Note: Semakin besar ukuran file anda , maka akan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengconvertnya.

2. Edit File PDF Kalian

Setelah proses covert atau mengubah format telah selesai. Sekarang kalian sudah bisa mengedit file pdf kalian . Disini kalian sudah bisa menanmbahkan text ,menghapus text, menambahkan gambar, mengatur tampilan dokumen dan masih banyak lagi.

Tahapan edit dokumen

3. Simpan PDF

Jika kalian sudah selesai mengedit file tersebut, selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah menyimpan file tersebut ke dalam bentuk pdf lagi.

Berikut cara menyimpan dokumen kedalam format pdf.

  1. Pilih dan klik File pada pojok atas layar komputer anda.
  2. Kemudian pilih Save As >Browse > tentukan letak dimana kalian akan menyimpan file tersebut.
  3. Kemudia beri nama dokumen tersebut, dan pada bagian Save as type, kalian harus mengubahnya menjadai pdf .
  4. setelah itu kalian bisa menekan tombol savenya.
  5. Selesai.

Cara save dokumen

Itulah tahapan tahapan untuk mengubah isi dari file dengan format pdf. Bagaimana tidak terlalu sulit bukan . Dengan Ini pastinya sekarang kalian sudah bisa megedit file pdf kalian jika terdapat sebuah kesalahan .

Penutup

Nah itulah sedikit Ulasan mengenai Cara  Mengedit File PDF di Laptop atau Pada Komputer Dengan Mudah. Semoga artikel yang kami bagikan ini bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian yang sedang membutuhkannya. Terimakasih karena kalian telah menyimak artikel ini sampai akhir dan Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.