Cara Menggabungkan Foto di HP dan PC dengan Mudah (Simple)

 

 

HarianPapuaNews.id – Cara menggabungkan Foto ini sangat diperlukan bahkan yang suka edit-edit untuk keperluan postingan atau konten di media sosial seperti facebook, youtube, twitter, tiktok, instagram dan lainnya menggabungkan foto harus bisa baik di hp ataupun laptop.

Foto merupakan media yang unik. Foto hanyalah benda dua dimensi yang berbentuk fisik maupun file digital. Namun, foto tidak hanya sebuah gambar biasa, terdapat banyak sekali informasi di dalamnya.

 

Sebagai contoh, foto suatu kejadian atau event akan menyimpan banyak kenangan maupun perasaan orang – orang di dalamnya. Muncullah Instagram, sebuah platform media sosial yang berpusat pada foto.

Dengan menggunakan Instagram, orang – orang bisa membagikan berbagai kenangan dan pengalaman mereka dengan foto. Bahkan ada juga seniman yang mengunggah foto hasil rekayasa ke Instagram.

Salah satu foto yang sering diupload oleh pengguna adalah foto hasil gabungan dari beberapa foto sekaligus atau foto grid. Menggabungkan foto seperti ini caranya mudah sekali, namun jika kalian tahu caranya, kalian bisa menyimak ulasan di bawah ini.

Sekilas Tentang Foto Grid Atau Collage

 

Sekilas Tentang Foto Grid Atau Collage

Foto media sosial sering kali kita temui, mulai dari foto normal hingga foto yang sangat unik. Semuanya bisa didapatkan dengan teknologi yang ada saat ini, terutama teknologi edit foto. Kalian pasti sering mendengar istilah “Photoshop” yang mengacu pada aplikasi edit foto paling populer di PC.

Pengguna Instagram sering kali mengupload foto mereka agar terlihat unik dan keren. Tidak hanya foto biasa, foto tersebut biasanya sudah diedit agar terlihat lebih menarik. Salah satu teknik edit foto yang banyak digunakan adalah foto grid atau Collage.

Teknik ini adalah teknik edit foto yang menggabungkan beberapa foto sekaligus dan dibuat menjadi satu foto. Kalian bisa menggabungkan dua, tiga, empat, hingga lebih banyak lagi foto ke dalam satu frame foto.

Foto grid sebenarnya sudah banyak dilakukan dengan foto fisik, dimana satu bingkai foto bisa berisi banyak foto. Contohnya adalah frame foto kenangan, kalian bisa menaruh banyak foto fisik dalam satu frame tersebut.

Lalu bagaimana dengan foto dalam bentuk digital? Tentu saja ada tutorial untuk bisa menggabungkan foto – foto tersebut. Bahkan, caranya sangat mudah sekali, hanya dengan menggunakan aplikasi edit foto yang simpel.

Menggabungkan Foto Menggunakan Perangkat Komputer Dan Smartphone

Komputer adalah perangkat digital yang sangat canggih meskipun tidak semua orang memilikinya. Berbeda dengan smartphone, perangkat canggih yang sudah umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Kalian juga pasti tahu bahwa smartphone kalian bisa digunakan untuk banyak hal, termasuk mengedit foto.

Keduanya bisa kalian gunakan untuk menggabungkan foto, baik komputer maupun smartphone. Yang unik pada smartphone, kalian bisa lebih mudah menggabungkan foto karena bisa dilakukan secara otomatis.

Bahkan ada aplikasi khusus pada smartphone yang hanya bisa digunakan untuk membuat foto grid atau collage saja. Namun, kedua perangkat tersebut tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing dalam hal mengedit foto.

Cara Menggabungkan Foto Dengan Mudah

Komputer dan smartphone adalah perangkat yang paling umum digunakan untuk mengedit dan menggabungkan foto. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing serta fitur khusus tersendiri.

Baik melalui PC maupun smartphone, kalian bisa mengedit dengan sangat mudah. Kalian bisa mengikuti langkah – langkah yang sudah bappedaintanjaya.id sediakan di bawah ini untuk menggabungkan foto:

1. Menggabungkan Foto Di PC

Menggabungkan Foto Di PC

  • Menggunakan Photoshop

Adobe Photoshop adalah aplikasi edit foto yang paling populer dan paling bisa diandalkan di PC. Bagaimana tidak, aplikasi ini sudah digunakan oleh para editor foto, mulai dari kelas pemula hingga kelas profesional. Dengan Photoshop, kalian bisa menggunakannya untuk menggabungkan foto dengan mudah.

Namun sebelum itu, pastikan bahwa kalian memiliki Adobe Photoshop yang sudah terinstall pada PC kalian. Jika sudah, silakan ikuti langkah – langkah di bawah ini untuk menggabungkan foto:

  1. Buat kanvas baru dengan ukuran yang umum seperti 1280×720.
  2. Masukkan beberapa foto yang ingin digabung ke dalam aplikasi Photoshop, gunakan cara drag and drop
  3. Letakkan sesuai dengan posisi yang diinginkan
  4. Gunakan tools yang tersedia seperti Magnetic Lasso untuk menambahkan feel natural
  • Menggunakan Paint

Terdapat satu aplikasi bawaan dari Windows yang bisa kalian gunakan untuk menggabungkan foto, yaitu Paint. Aplikasi ini sudah ada di dalam PC kalian jadi kalian tidak perlu khawatir. Bahkan Paint juga sangat ringan dan bisa digunakan pada PC dengan spesifikasi rendah. Silakan ikuti langkah – langkah berikut:

  1. Klik kanan pada foto yang ingin digabungkan lalu pilih “Open With” dan pilih “Paint”
  2. Kalian akan masuk ke aplikasi Paint dengan gambar yang siap diedit
  3. Di sudut kanan bawah, tarik titik kecil untuk memperbesar kanvas atau kertas background
  4. Tambahkan gambar lain, yaitu dengan memilih menu Paste lalu Paste From
  5. Pilih gambar lain yang kalian ingin
  6. Sesuaikan posisi foto sesuai dengan keinginan kalian dengan menggunakan mouse
  • Menggunakan Situs Online

Ada cara lain yang bisa kalian gunakan jika kalian tidak mau menggunakan Paint namun PC kalian tidak kuat menggunakan Adobe Photoshop. Solusinya adalah dengan menggunakan layanan edit foto online melalui situs khusus. Kali ini kita akan menggunakan photojoiner.net sebagai situs edit foto. Cara ini membutuhkan jaringan internet jadi pastikan PC kalian terhubung ke internet.

Silakan ikuti langkah – langkah berikut:

  1. Buka browser lalu masukkan photojoiner.net pada kolom alamat dan tekan tombol Enter
  2. Pilih collage yang kalian inginkan, sesuaikan dengan jumlah foto yang ingin kalian gabung
  3. Klik tombol Open di bagian atas untuk menambahkan foto ke situs ini
  4. Masukkan foto yang sudah kalian tambahkan tadi dengan cara drag and drop

2. Menggabungkan Foto di Smartphone

Menggabungkan Foto di Smartphone

Tidak punya komputer atau laptop? Jangan khawatir! Dengan smartphone yang kalian miliki, kalian juga bisa menggabungkan foto. Bahkan beberapa aplikasi yang ada di smartphone sangat mudah digunakan. Tidak perlu repot – repot menyesuaikan posisi, kalian bisa mendapatkan foto gabungan secara otomatis.

Terdapat banyak sekali aplikasi yang bisa kalian gunakan dan semuanya bisa kalian dapatkan secara gratis melalui marketplace. Silakan gunakan beberapa aplikasi di bawah ini dan ikuti langkah cara menggabungkan foto dengan mudah:

  • Menggunakan QuickGrid

Cara mudah yang pertama adalah menggunakan aplikasi bernama QuickGrid. Dengan aplikasi ini, kalian hanya perlu mendownload aplikasinya lalu memasukkan foto kalian. Ikuti langkah – langkah di bawah ini:

  1. Download aplikasi QuickGrid melalui Google Play Store
  2. Buka aplikasi QuickGrid
  3. Pilih Collage
  4. Pilih foto yang akan digabung menjadi satu frame
  5. Sesuaikan posisi dan frame yang tepat agar foto kalian bisa semakin bagus
  • Menggunakan Collage Maker

Selanjutnya kalian bisa menggunakan aplikasi bernama Collage Maker. Aplikasi ini digunakan untuk mengedit foto yang akan diunggah ke media sosial, khususnya Instagram. Terdapat banyak sekali pengaturan menarik di dalamnya, termasuk efek dan layout. Bahkan kalian bisa menggabungkan foto hingga 18 buah, menarik bukan? Untuk menggabungkan foto menggunakan Collage Maker, silakan ikuti langkah – langkah di bawah ini:

  1. Download aplikasi Collage Maker melalui Google Play Store
  2. Buka aplikasi Collage Maker
  3. Pilih Collage
  4. Pilih foto yang akan kalian gabungkan, kalian bisa memilih satu hingga sembilan foto sekaligus
  5. Tekan “Next”
  6. Pilih “Styles” dan “Border”
  7. Atur posisi setiap foto yang sudah kalian pilih tadi
  8. Untuk mengubah posisi pada layout, kalian bisa menekan dan menahan foto tersebut lalu geser ke posisi yang kalian inginkan
  9. Tekan tombol “Save” di pojok kanan atas untuk menyimpan hasil foto yang sudah digabung tadi
  10. Setelah selesai, kalian bisa langsung share foto grid tersebut ke berbagai media sosial seperti Instagram dan Facebook
  • Menggunakan Cut+Mix Studio

Selain QuickGrid, kalian juga bisa menggunakan aplikasi lain yang bernama Cut+Mix Studio. Aplikasi ini juga mudah digunakan dan kalian bisa menggunakannya seperti Photoshop. Ikuti langkah – langkah di bawah ini:

  1. Download aplikasi Cut+Mix Studio melalui Google Play Store
  2. Buka aplikasi Cut+Mix Studio
  3. Tekan tombol plus atau tanda tambah (+) pada bagian bawah untuk memilih foto
  4. Setelah itu, tambahkan foto selanjutnya dengan menekan tombol “Add” di pojok kiri bawah
  5. Pilih foto yang akan digabung menjadi satu frame
  6. Sesuaikan posisi dan frame yang tepat agar foto kalian bisa semakin bagus
  7. Kalian bisa menghilangkan background dengan menggunakan tools gunting dan penyesuaian lainnya pada aplikasi ini
  • Menggunakan PicsArt

Selanjutnya ada aplikasi edit foto yang bisa disebut sebagai aplikasi edit foto terbaik di smartphone, yaitu PicsArt. Aplikasi ini bisa digunakan untuk menggabungkan beberapa foto sekaligus dengan mudah. Tentu saja, aplikasi ini digunakan oleh banyak pengguna smartphone karena nyaman dipakai dan memiliki banyak efek.

Untuk menggabungkan beberapa foto menggunakan PicsArt, silakan ikuti langkah – langkah di bawah ini:

  1. Download aplikasi PicsArt melalui Google Play Store
  2. Buka aplikasi PicsArt
  3. Tekan tombol plus atau tanda tambah (+) di bagian tengah bawah layar
  4. Pilih Grids
  5. Pilih beberapa foto yang ingin kalian gabungkan dan tekan tombol arrow (panah) di bagian kanan atas
  6. Silakan atur posisi foto, layout, margin foto, rasio, dan lain – lain sesuai keinginan
  7. Jika sudah selesai, kalian bisa menyimpannya pada storage atau ruang penyimpanan smartphone kalian

Mudah bukan? Hanya dengan modal aplikasi saja, kalian sudah bisa menggabungkan foto keren kalian ke dalam satu foto. Kalian bisa eksis di Instagram dengan berbagai foto menarik versi kalian sendiri. Jangan lupa untuk menambahkan caption keren saat kalian mengupload foto grid ini ke Instagram.

Sebagai catatan, jika kalian menggunakan smartphone, kalian juga bisa menggunakan situs online untuk edit foto. Namun kinerja smartphone kalian mempengaruhi proses edit foto tersebut sehingga sedikit merepotkan. Tentu saja cara ini bisa menjadi alternatif bagi kalian yang ingin menggunakan layanan edit foto online.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai cara menggabungkan foto dengan mudah menggunakan PC maupun smartphone. Dengan aplikasi yang tepat, kalian bisa menggabungkan foto dan memberi efek sesuai keinginan dan kreativitas kalian sendiri.

Buatlah foto grid kalian sekeren mungkin agar bisa disukai oleh banyak orang dan mendapatkan banyak like di sosial media. Semoga artikel harianpua ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba!