Cara Menggunakan Preset Alight Motion Lengkap Update 2023

 

 

HarianPapuaNews.id – Apakah kalian sedang mencari tahu tentang bagaimana cara menggunakan Preset Alight Motion .Kebetulan sekali kami akan membahasnya pada artikel yang kami bagikan kali ini. Oleh karena itu simak terus artikel ini sampai akhir agar kalian dapat memaha,i cari.

Pada saat ini , sangat banyak sekali orang yang tertarik menjadi seorang konten kreator karena populernya tren video pendek seperti reels ig , tiktok , youtube short dan masih banyak lagi. Oleh karena itu banyak sekali orang yang mulai belajar untuk mengedit video agar bisa menjadi seorang konten kreator.

 

Dengan semakin berkembangnya teknologi. Kini mengedit video sudah bisa dilakukan  hanya dengan menggunakan aplikasi-aplikasi pada smartphone kalian. Sudah banyak sekali aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengedit video seperti  Alight Motion , Kinemaster , Vn , dan masih banyak lagi.

Tetapi kali ini kami hanya akan membahas tentang aplikasi Alight motion , atau lebih tepatnya cara menggunakan preset alight motion . Preset alight motion sendiri saat ini sangat populer di kalangan remaja untuk membuat video tiktok .

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini banyak orang yang lebih memilih menggunakan aplikasi alight motion karena memang memiliki fitur yang cukup lengkap dan juga karena adanya fitur preset yang sangat memudahkan kalian untuk dapat mengedit di aplikasi yang satu ini.

Pasti banyak dari kalian yang sudah mendownload aplikasi ini tetapi tidak tahu cara menggunakannya. Maka dari itu terus simak artikel ini karena kami akan memberikan penjelasan tentang cara menggunakan preset Alight motion. Tapi sebelum kami menjelaskan mengenai hal itu , ada baiknya jika kalian lebih mengenal segala sesuatu tentang aplikasi alight motion ini .

Apa Itu Alight Motion

 

Cara Menggunakan Preset Alight Motion

Alight motion adalah sebuah aplikasi editing video yang berfokus pada motion design profesional. Aplikasi ini merupakan aplikasi motion design pertama yang hadir pada perangkat smartphone.

Aplikasi ini menghadirkan fitur pengeditan video, animasi profesional ,motion graphic, efek visual , pengomposisian video dan masih banyak lagi fitur yang terdapat di dalam video ini. Bahkan aplikasi ini mendapat julukan iniafter effectnya yang ada di android. Walaupun fiturnya tidak sebanyak after effect, apliaksi alight motion ini adalah pilihan terbaik jika anda hanya memiliki smarthphone untuk mengedit video.

Namun aplikasi ini lumayan berat untuk dijalankan dan membutuhkan spek hp yang lumayan tinggi jika anda ingin bisa menggunakannya dengan lancar karena memang aplikasi ini berbasis pada motion graphic dan menghadirkan banyak sekali fitur fitur yang tentu saja membutuhkan hardware atau spek yang bagus untuk dapat menjalankannya dengan lancar.

Tetapi tenang saja aplikasi ini masih bisa digunakan oleh smartphone dengan spesifikasi  sedang , ya walaupun tidak akan bisa lancar dan akan banyak lag di dalamnya .

Untuk menghindari hal tersebut kalian bisa menggunakan preset yang bisa anda dapatkan dari berbagai platform seperti youtube , facebook dan lain lain.

Nah..pasti beberapa dari kalian ada yang belum mengetahui apa itu preset alight motion , tetapi tenang saja , kami akan memberikan pennjelasan tentang preset ini kepada kalian agar kalian tidak kebingungan.

Apa Itu Preset Alight Motion

Cara Menggunakan Preset Alight Motion

Pasti kalian yang sudah biasa di dunia editing sering mendengar istilah preset. Sebenarnya apasih preset itu.

Preset sendiri merupakan sebuah fitur menyimpan data dan bisa digunakan kembali atau lebih tepatnya template project yang menyimpan berbagai macam pengaturan seperti efek,audio,gambar,dan berbagai pengaturan lain yang dibuat oleh seseorang agar bisa digunakan kembali untuk mempercepat waktu penbuatan video . Mungkin gambaran mudahnya preset itu seperti sebuah cetakan .

Preset alight motion sendiri adalah sebuah template atau cetakan yang pengaturan di dalamnya sudah diatur oleh si pembuat preset dan kalian hanya perlu mengganti bahan atau footage di dalamnya dengan footage yang kita miliki.

Nah setelah kita membahas tentang pengertian preset. Mari sekarang kita bahas bagaimana caranya memakai Preset Alight Motion ini .

Cara Menggunakan Preset Alight Motion

Cara Menggunakan Preset Alight Motion

Setelah kalian paham dan mengerti apa itu preset , Mari kita masuk ke pembahasan utama artikel ini yaitu bagaimana sih cara menggunakannya di aplikasi alight motion. Karena pastinya kalian mencari artikel ini karena masih belum paham tentang cara untuk memakai preset pada aplikasi ini.

Kalau begitu tanpa berlama lama mari langsung saja kalian simak langkah langkah yang harus kalian lakukan untuk menggunakan preset di aplikasi alight motion .

1. Memiliki Aplikasi Alight Motion

Nah langkah yang pertama untuk menggunakan preset alight motion adalah dengan menginstal aplikasi alight motionnya terlebih dahulu. Maka dari itu bagi kalian yang belum mempunyai aplikasinya kalian bisa mendownloadnya melalui playstore , dan kemudian cari aplikasi Alight motion. kemudian instal.

2. Menyediakan bahan preset

Setelah kalian menginstal aplikasi alight motionnya . Hal yang perlu kalian lakukan selanjutnya adalah mencari preset yang ingin kalian gunakan. Kalian bisa mendapatkan preset dengan mencarinya di google atau di youtube , disana sudah banyak orang yang memberikan preset secara gratis yang bisa kalian gunakan.

3. Kunjungi Link Preset

Langkah selanjutnya , adalah memasukkan preset ke aplikasi alight motionnya, caranya kalian bisa kunjungi link preset atau jika preset berbentuk qr code kalian bisa menscannya dengan pemindai kode qr preset alight motion.

4. Import Preset

Jika kalian sudah memindai ataupun mengunjungi link preset yang kalian pilih . Maka otomatis  kalian akan diarahkan ke aplikasi alight motion yang ada pada ponsel kalian. JIka sudah seperti itu kalian tingga menekanl saja tombol import yang muncul pada aplikasi alight motion.

5. Proses Mendownload

Setelah itu Alight motion kalian akan mengunduh preset tersebut dankalian harus menunggu hingga proses pengunduhan preset selesai.

6. Tambahkan Gambar / Video Di Masing Masing Part yang Tersedia di Dalam Preset Tersebut.

Setelah Preset berhasil di download kalian sudah bisa membuka preset tersebut dan yang harus kalian lakukan adalah menambahkan foto / video footage kalian ke dalam part yang sudah tersedia di dalam preset yang kalian unduh.

Perlu diketahui , tidak semua preset terdapat musik dan hanya berisikan efek saja, maka jika kalian ingin menambahkan musik kedalam projek tersebut kalian bisa menekan tombol plus dan pilih Audio.

7. Atur dan Simpan

Hal yang perlu kalian lakukan setelahnya adalah mengatur atau menyesuaikan footage video atau foto kalian jika dirasa ada yang masih kurang sesuai .

Langkah terakhir yang perlu kalian lakukan adalah mengekspor projek yang sudah kalian buat, caranya dengan menekan tombol dipojok kanan atas , setelah itu centang pada bagian film dan kemudian klik ekspor.

Nah itulah cara menggunakan preset dalam aplikasi alight motion ,sangat mudah bukan ?. Kalau begitu selamat mencoba dan berhasil.

Penutup

Itulah sedikit ulasan yang bisa kami sampaikan. Terimakasih telah membaca ulasan ini sampai akhir . Semoga Informasi yang Kami sampaikan ini bisa membantu dan bermanffat bagi kalian . Sampai nanti di artikel selanjutnya.