Fitur Baru WhatsApp, Bisa Edit Caption di Foto dan Video yang Dikirim

 

 

Harianpapuanews.id – WhatsApp (WA) meluncurkan fitur baru. Pengguna WA kini dapat mengedit caption atau keterangan untuk media yang dikirim ke chat room (foto, video, GIF, dokumen).

Fitur baru ini merupakan penyempurnaan dari fitur edit pesan yang dirilis sebelumnya. Fitur edit pesan yang sekitar Mei lalu hanya bisa mengedit pesan teks biasa, bukan teks caption untuk foto atau video yang dikirim dari WA.

 

Menurut laporan WABetaInfo, fitur edit teks foto/video WhatsApp telah diluncurkan untuk perangkat iOS dan Android. Namun, fitur ini tampaknya sama-sama tidak ada.

Pasalnya, untuk memantau KompasTekno di WhatsApp Android versi 2.23.16.76 pada Senin pagi (21 Agustus 2023). Tetap tidak bisa menggunakan fitur ini. Menurut WABetaInfo, fitur baru ini akan tersedia untuk semua pengguna dalam beberapa hari ke depan.

Nantinya, pengguna hanya bisa mengganti caption atau caption untuk foto/video yang dikirim kurang dari 15 menit. Jika lulus, keterangan tertulis tidak dapat diubah.

WABetaInfo Menampilkan fungsi pengeditan pesan dengan gambar, video, GIF, atau dokumen di obrolan WhatsApp

Cara Edit Caption Foto/Video di WA

Mengedit komentar yang dikirimkan sama dengan mengedit teks biasa. Pengguna hanya perlu mengetuk dan menahan pesan yang dikirim. Jendela menu muncul di sebelah balon bicara yang Anda pilih. Klik tombol Edit.

Klik tombol untuk langsung memperbaiki kesalahan ejaan (salah ketik) atau menambahkan informasi lain langsung ke kolom “Pesan” (Pesan).

Pesan yang diedit dan tidak diedit akan ditampilkan nanti. Pesan yang telah diperbaiki akan menampilkan informasi “Disunting” di samping deskripsi waktu. Letaknya ada di pojok kanan bawah bubble chat. Contoh: “Dimodifikasi 07.00”.

Namun perlu diperhatikan bahwa fungsi edit caption ini hanya bisa dilakukan pada perangkat yang sama. Pengguna yang mengirimkan foto dengan caption menggunakan smartphone tidak dapat mengubah caption melalui WhatsApp di desktop.

Teks hanya dapat diubah pada ponsel cerdas tempat pesan dikirim.

Jika Anda belum menemukan fitur ini, Anda bisa mengeceknya dengan memperbarui aplikasi secara berkala di Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS).