5 Kiat Sukses Studi dari Rektor UNJ Saat Pengarahan 5.496 Maba UNJ di PKKMB 2023

 

 

Harianpapuanews.id – Sebanyak 5.496 mahasiswa baru Universitas Negeri Jakarta (Maba UNJ) mengikuti upacara pembukaan University Life for New Students 2023 (PKKMB) yang diselenggarakan pada Senin, 21 Agustus 2023 di GOR Rawamangun, Jakarta.

Kegiatan PKKMB ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru pada kehidupan kampus. Acara pembukaan PKKMB 2023 juga disiarkan di kanal YouTube UN University Edura TV dengan tema ‘Membangun generasi cerdas dan dermawan dengan reputasi global’.

 

Dalam laporannya, Abdul Saqr dalam kapasitasnya sebagai Wakil Presiden Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNU yang juga Ketua PKKMB UNJ 2023 menyatakan kegiatan PKKMB dilaksanakan pada 21 hingga 26 Agustus 2023 dengan agenda yang terperinci. 21 Agustus Pembukaan PKKMB, 22-25 PKKMB Fakultas, Prodi dan Deadline 26 Agustus.

Abdul Saqr menambahkan, kegiatan PKKMB UNJ tahun ini diikuti oleh 5.496 mahasiswa baru. 576 mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan, 790 mahasiswa dari Sekolah Tinggi Bahasa dan Sastra, dan 710 mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika.

Selain itu, jumlah mahasiswa Jurusan Ilmu Sosial sebanyak 826 orang, Jurusan Teknik sebanyak 1050 orang, Jurusan Ilmu Keolahragaan sebanyak 444 orang, Jurusan Ilmu Ekonomi sebanyak 964 orang, dan Jurusan Pendidikan Psikologi sebanyak 136 orang.

Tujuan keseluruhan dari kegiatan ini adalah untuk mengakrabkan mahasiswa baru dengan lingkungan kampus agar dapat lebih cepat beradaptasi.

Sesuai pedoman Kemendikbud tentang pedoman PKKMB serta visi dan misinya, PKKMB telah disusun dengan memberikan materi yang meliputi:

5 tips sukses akademik untuk mahasiswa baru

Diawali dengan acara tersebut, Profesor Kim, Presiden UN University mengadakan acara pembukaan. Kumaruddin selalu berpesan kepada maba di UNJ agar menjadi mahasiswa yang berjaya dan memiliki potensi yang luar biasa.

Ia juga menyampaikan bahwa PKKMB ini merupakan pintu masuk UNJ yang terkenal untuk menjadi korporasi atau PTN dengan PTN-BH.

Memanfaatkan kesempatan itu, Rektor UNU memberikan lima tips sukses di universitas.

trotoar. UNJ Pada Senin, 21 Agustus 2023, sebanyak 5.496 mahasiswa baru UNJ mengikuti Opening Ceremony PKKMB 2023 yang digelar di Stadion Rawamangun Jakarta.

Pertama, menggali dan mengembangkan potensi seoptimal mungkin untuk membangun efisiensi, keunggulan dan daya saing yang tinggi, akhirnya tercapai secara nasional dan internasional, dari Rawamangun hingga ke tanah air dan dunia.

Kedua, menjadikan kampus sebagai rumah kedua dan menjadikan kampus sebagai keluarga dan sahabat.

Ketiga, ikuti program kuliah dengan cinta dan suka cita.

Keempat, dengan pikiran terbuka, perluas lingkungan dan out of the box melalui berbagai kegiatan di dalam dan di luar kampus.

Kelima, selalu berjalan di jalan yang benar, menyenangkan Tuhan, menyenangkan orang tua, menerima berkah, dan sukses dengan tidak marah dan tidak berbuat salah.

kata Profesor A. Coumarodin.

Sementara itu, Presiden BEM UNJ 2023 Rifki Abdullah berpesan kepada maba untuk berani hadir dan menciptakan ruang kreativitas dan inovasi di Indonesia.

“Menjadi mahasiswa adalah harapan. Harapan ini harus disampaikan dan dipercayakan kepada masyarakat Indonesia, karena kami berharap mahasiswa menjadi motor penggerak masa depan,” ujarnya.

“Selamat dan semangat untuk semua teman-teman kampus atas gerakan ilmunya. Tolong jangan sia-siakan kepercayaan ini karena banyak orang yang menginginkan kepercayaan ini. Saya siap mengisi ruang kebaikan dan selalu siap melayani . Menjadi pemuda yang berakhlak mulia. Negara dan negara “, pungkas Rafmy Abdullah.

Dalam kapasitasnya sebagai Rektor UNU, Kumarudin juga menghadiri pengukuhan PKKMB UNJ: Sekretaris Senat, Wakil Rektor, Presiden Lembaga, Dekan dan Direktur Pascasarjana, Direktur Kantor dan Kelembagaan, serta pejabat lainnya di lingkungan UNJ.