Download RA WhatsApp APK (RA WA) Anti Banned Terbaru 2023

 

 

HarianPapuaNews.id – WhatsApp sebagaimana yang diketahui, merupakan aplikasi chatting yang begitu fenomenal dan digunakan oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Karena itu, muncul pula beberapa APK modifikasi dari versi originalnya. Salah satu yang dikenal dengan berbagai fitur menarik adalah RA WhatsApp.

Walau RA WA terdengar sedikit asing dibanding APK-APK modifikasi WhatsApp yang lain seperti GB WA dan WA Plus, namun fitur-fitur di dalamnya sangat menarik untuk dicoba. Salah satu fitur utamanya yaitu memiliki tampilan interface yang sangat mirip dengan tampilan WhatsApp pada iOS.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang APK  ini, fitur-fitur keren miliknya, hingga link download, tetap simak penjelasan berikut hingga akhir, ya!

Apa Itu RA WhatsApp iOS APK MOD?

 

Apa Itu RA WhatsApp iOS APK MOD

RA WA adalah salah satu aplikasi modifikasi WhatsApp yang dikembangkan oleh seseorang bernama Ridwan Arifin. Dari nama pengembang inilah nama APK diciptakan dengan dilengkapi berbagai fitur yang jika diperhatikan memiliki beberapa kesamaan dengan APK MOD lain yang serupa.

Tetapi tentu terdapat beberapa fitur serta elemen tertentu yang menjadi titik keunikan dan poin menonjol dari APK ini. Salah satu yang paling ditonjolkan pada fiturnya yaitu tampilan dengan ikon-ikon yang elegan dan menarik.

Memiliki ukuran yang pas serta akses pada fitur-fitur premium WhatsApp dengan gratis, menjadikan beberapa orang tertarik untuk mencoba aplikasi modifikasi satu ini. Jika mencari APK WA dengan fitur yang sangat fokus pada modifikasi tampilannya, maka RA WA sangat direkomendasikan.

Tertarik dengan apa yang bisa dimanfaatkan dari APK satu ini? Maka dapatkan info selengkapnya mulai dari spesifikasi, link download, fitur unggulan, hingga cara menginstalnya dibawah ini!

Fitur-Fitur Unggulan RA WhatsApp APK MOD

Fitur-Fitur Unggulan RA WhatsApp APK MOD

Sebagai aplikasi modifikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga, tentu RA WA juga telah dibekali dengan beberapa fitur unggulan yang tidak bisa didapatkan pada versi original WhatsApp. Memiliki beragam fitur andalan, simak penjelasan satu persatunya pada poin-poin berikut:

1. Kustom Tampilan

Fitur pertama yang bisa didapatkan dari menggunakan RA WA adalah kustom tampilan. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengubah tampilan pada WhatsApp APK dengan begitu mudah. Terdapat banyak tema serta font yang bisa digunakan sesuai selera sehingga tampilan WA terlihat lebih menarik.

Karena pada versi asli WhatsApp tema dan font yang digunakan untuk sementara ini hanya bisa itu-itu saja, terkadang membuat beberapa pengguna bosan dan kurang puas. Untuk mengatasinya, RA WA bisa menjadi solusi karena menyediakan berbagai tema yang bisa digunakan secara gratis.

2. Bisa Mode Pesawat

Dalam menggunakan WhatsApp, pengguna akan terlihat offline atau tidak aktif apabila data internet pada ponsel dimatikan, sehingga nantinya pesan yang dikirim akan terlihat centang satu saja. Namun dengan cara seperti ini, pengguna otomatis juga tidak bisa mengakses aplikasi online lain.

Dalam artian, saat ingin membuat WA offline, pengguna harus mengorbankan keinginan untuk tidak menonton Youtube, membuka Facebook, Instagram dan sebagainya karena tidak ada koneksi internet. Tentu ini membuat beberapa pengguna merasa tidak puas.

Oleh karena itu, RA WhatsApp hadir dengan fitur bisa membuat WA mode pesawat tanpa harus mematikan data internet. Sehingga nanti WA pengguna akan terlihat offline, tetapi pada kenyataannya data internet di ponsel masih nyala dan dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi.

3. Bisa Menyembunyikan Status Online

Bagi beberapa orang, privasi seperti status online menjadi suatu hal yang dapat membuat tidak tenang. Hal ini karena terkadang apabila ingin menghindari seseorang, tentu rasanya tidak enak apabila WA masih terlihat online.

Atau dalam kondisi lain, pengguna tidak ingin terlihat sedang online di jam-jam tengah malam, dan berbagai situasi lain. Namun, jangan khawatir lagi, karena RA WA menyediakan fitur untuk menyembunyikan status online pada WA.

Dengan begitu, pengguna dapat online sewaktu-waktu tanpa harus mengkhawatirkan privasinya dan dapat menggunakan WA dengan lebih nyaman dan tenang.

4. Story WA Berdurasi Panjang

RA WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat story WhatsApp dengan durasi panjang tanpa harus repot memotong-motongnya lagi. Hal ini menjadi poin yang dapat menguntungkan beberapa pengguna yang merasa sebal dengan durasi pendek yang disediakan WA.

Dengan hal ini, informasi pada video yang dijadikan story bisa disampaikan dengan lebih lengkap tanpa harus terpotong-potong lagi.

5. Mengirim File Berukuran Besar

Sebagaimana yang diketahui, dalam menggunakan WA pengguna hanya bisa mengirim file dengan maksimal ukuran yang tidak besar. Jika file berukuran besar tetap dikirim, memiliki potensi gagal yang begitu besar.

Namun, di APK yang sedang dibahas satu ini, hal seperti itu sudah tidak perlu dikhawatirkan. Karena pengguna dapat mengirim file berukuran besar sekaligus. Selain itu, pengguna juga dapat mengirim hingga 90 foto dalam sekali kirim tanpa harus melakukannya berkali-kali seperti biasanya.

Mengenai kualitas, tidak perlu khawatir karena resolusi file atau gambar dan video yang dikirim bisa tetap tinggi tanpa mengalami penurunan kualitas.

6. Dapat Mendownload Status dengan Mudah

Selanjutnya, pengguna dapat mengunduh status milik orang lain dengan begitu mudah dan simpel. Tidak jarang status yang diunggah orang lain begitu menarik sehingga pengguna juga ingin memilikinya. Dalam WhatsApp biasa, hal ini bisa dilakukan dengan meminta postingan langsung kepada yang bersangkutan.

Namun, tentu beberapa orang merasa canggung dan malu untuk meminta postingan langsung apalagi jika yang bersangkutan tidak memiliki hubungan yang begitu dekat dengan pengguna. Untuk itu, hadirlah fitur download status secara langsung ini.

Untuk mendapatkan postingan yang diunggah seseorang ke story WhatsApp nya, maka bisa didownload dengan memencet tombol yang telah disediakan saja. Setelahnya, file unduhan akan langsung tersimpan di perangkat.

7. Mengunci WhatsApp Tanpa Aplikasi

Bagi beberapa orang, WA merupakan aplikasi yang benar-benar privasi sehingga akan sangat mengkhawatirkan jika diakses orang lain tanpa izin. Dengan menggunakan RA WhatsApp, pengguna sudah tidak perlu mengkhawatirkan hal itu, karena terdapat fitur kunci aplikasi.

Terlebih, fitur mengunci pesan ini bisa langsung digunakan tanpa harus menginstal aplikasi pihak lain lagi. Tetapi dalam penggunaannya, jangan lupa untuk menggunakan kata sandi kuat tetapi yang mudah diingat sebagai antisipasi. Sehingga tidak akan ada kejadian yang tidak diinginkan untuk kedepannya.

8. Stiker dan Emoji yang Melimpah

Pada penggunaan APK satu ini, pengguna akan mendapatkan banyak koleksi emoji dan stiker yang lebih bervariasi daripada WA versi asli. Dalam menggunakan WhatsApp asli, sebenarnya hal ini juga mungkin dilakukan, tetapi harus dengan menginstal aplikasi lainnya dulu.

Di RA WA, untuk mendapatkan stiker dan emoji yang bervariasi, pengguna sudah tidak perlu menginstal aplikasi lagi karena semuanya telah tersedia secara lengkap dan gratis dalam APK. Dengan begitu, stiker dan emoji yang lebih bervariasi bisa didapatkan tanpa mengurangi penyimpanan ponsel.

9. Anti Hapus Pesan

Fitur kali ini merupakan fitur yang banyak digadang-gadang oleh pengguna yang ingin menggunakan APK ini. Dengan fitur ini, pengguna tetap dapat melihat pesan terhapus yang dikirimkan kepadanya. Jadi siapapun yang mengirim pesan, kemudian menghapusnya, maka pesan akan tetap terlihat.

Mengenai fitur ini, pengguna bisa mengaktifkan ataupun menonaktifkan. Jika merasa terganggu karena dapat mengetahui privasi orang lain tanpa seizin mereka, maka fitur ini dapat dinonaktifkan. Namun jika menginstal APK ini untuk menggunakan fitur ini, maka bisa mengaktifkannya.

Link Download APK RA WhatsApp Versi Terbaru

Link Download APK RA WhatsApp Versi Terbaru

Seperti APK-APK pada umumnya, RA WA tentu tidak bisa diinstal dengan mudah dan cepat melalui Google Play Store. Hal ini karena aplikasi modifikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga termasuk pada aplikasi tidak resmi yang tentu tidak bisa berada di Playstore.

Namun tidak perlu khawatir, karena file APK modifikasi tersebut bisa ditemukan di web atau platform yang menyediakan. Dan agar tidak repot-repot lagi mencarinya, inilah link download yang bisa digunakan untuk mengakses file APK RA WA:

Nama APK RA WhatsApp
Pengembang Modder
Versi APK Latest Version
Ukuran APK 54 MB
Lisensi Gratis
OS Minimum Android 4.5+
Link Download APK Disini

Adapun spesifikasi diatas bisa digunakan sebagai acuan sebelum mengunduh APK. Pastikan perangkat telah mendukung pemasangan APK dengan memiliki OS 4.5 keatas. Dan jangan lupa untuk menyiapkan penyimpanan ponsel setidaknya sebesar 100 MB untuk mengunduh file APK.

Hal ini sebagai antisipasi pertama dalam kesuksesan proses pengunduhan. Apabila jenis perangkat tidak kompatibel, maka kemungkinan besar proses instalasi akan gagal. Sementara jika penyimpanan ponsel kurang, maka file mungkin tidak akan selesai diunduh.

Cara Menginstal dan Download APK RA WhatsApp Anti Gagal

Cara Menginstal dan Download APK RA WhatsApp Anti Gagal

Setelah mengetahui link download APK dan telah menyiapkan perangkat untuk melakukan pengunduhan. Maka selanjutnya pengguna perlu memperhatikan langkah-langkah pengunduhan serta instalasi dibawah ini agar bisa berhasil.

Hal ini karena terdapat banyak pengguna yang mengeluhkan masalah sama, yaitu gagalnya proses pemasangan APK. Gagalnya instalasi sangat umum terjadi karena adanya pemblokiran otomatis dari sistem keamanan ponsel saat pemasangan dilakukan.

Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Memastikan File Unduhan APK tidak Crack

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menggunakan RA WhatsApp tentu dengan mengunduh file APK nya terlebih dahulu. Caranya cukup simpel yaitu klik link download yang telah ada pada tabel sebelumnya. Kemudian ikuti alurnya hingga muncul pop up mini notifikasi, pilih Download.

Dalam proses pengunduhan, pastikan jaringan internet lancar, OS perangkat mencukupi, serta penyimpanan ponsel cukup. Ketiga hal ini harus benar-benar diperhatikan untuk mencegah proses pengunduhan yang terjeda atau terbatalkan sehingga menyebabkan file crack.

2. Izinkan Sistem Keamanan Secara Manual

Seperti yang telah di katakan  di awal, bahwa kebanyakan gagalnya proses instalasi adalah karena pemblokiran otomatis dari perangkat. Untuk mengatasinya, maka pengguna perlu mengizinkan instalasi pihak ketiga secara manual dengan cara berikut:

  • Akses Pengaturan pada perangkat yang akan dipasangi APK
  • Buka Privasi dan Keamanan
  • Nyalakan pilihan Instal Sumber Tidak Dikenal dengan menggeser toggle
  • Selesai

3. Matikan Google Play Protect

Sebenarnya kedua langkah di atas sudah cukup untuk mengizinkan sistem keamanan dalam proses pemasangan APK. Namun, jika instalasi masih belum berhasil juga, maka terdapat kemungkinan adanya fitur Google Play Protect yang masih menyala.

Fitur ini harus dimatikan sementara terlebih dahulu sebelum menginstal RA WhatsApp APK karena fungsi utamanya adalah melakukan pemblokiran terhadap semua aplikasi modifikasi. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan ponsel
  • Pilih opsi Privasi dan bukalah Pengaturan yang terdapat didalamnya
  • Temukan fitur Google Play Protect dan nonaktifkan fiturnya.
  • Selesai

4. Instal APK RA WhatsApp

Sebagai langkah terakhir, instal APK setelah ketiga langkah diatas berhasil dilakukan. Karena sistem keamanan sudah diatasi, maka instalasi kemungkinan besar akan berhasil. Cara melakukan penginstalan yaitu sebagai berikut:

  • Buka file APK RA WA yang biasanya terletak di folder Unduhan pada File Manager
  • Pilih opsi Instal yang muncul setelah memencet file APK
  • Tunggu hingga proses selesai dan APK siap untuk digunakan.

Cara Update RA WhatsApp MOD APK Terbaru

Cara Update RA WhatsApp MOD APK Terbaru

Meng Update APK secara berkala merupakan hal yang harus dilakukan. Karena terkadang pengembang akan menyematkan beberapa update fitur terbaru sebagai penyempurna fitur-fitur sebelumnya. Salah satunya adalah fitur anti banned.

Karena versi lama masih belum dibekali dengan fitur ini, maka untuk menghindari banned pengguna harus mengupdate APK terlebih dahulu. Lantas bagaimana cara mengupdate APK dengan benar? Simak caranya berikut ini:

  • Bukalah APK yang telah terinstal di perangkat
  • Klik ikon titik tiga yang terdapat di pojok kanan atas halaman utama WhatsApp
  • Pilih menu Setting dan pilihlah opsi Update dan dilanjutkan dengan klik Check Update
  • Jika menemukan versi yang paling baru maka pilihlah Download Web untuk proses pembaruan APK
  • Tunggu hingga proses selesai, dan APK akan terupdate menjadi versi terbaru.

Perbedaan WhatsApp Original dan APK RA WA

Perbedaan WhatsApp Original dan APK RA WA

Diciptakan oleh pihak ketiga sebagai aplikasi modifikasi, tentu RA WA memiliki beberapa perbedaan fitur jika dibandingkan dengan WhatsApp versi originalnya. Hal ini karena tentu APK didesain secara tidak resmi yang memungkinkan pengguna untuk menikmati beberapa fitur yang tidak ada pada versi resminya.

Bukan tanpa sebab, terkadang beberapa fitur yang tidak terdapat pada versi ori tidak disediakan dengan tujuan menjaga privasi serta keamanan para penggunanya dengan baik. Oleh karena itu, masing-masing baik APK ataupun versi aplikasi originalnya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Berikut tabel perbedaan diantara WhatsApp Original dengan RA WhatsApp APK

WhatsApp Original RA WA APK MOD
Terdaftar secara resmi dan bisa didapatkan pada Google Play Store Tidak tersedia secara resmi dan tidak dapat ditemukan di Google Play Store
Keamanan pengguna terjamin Tidak ada jaminan untuk keamanan dan privasi pengguna
Bisa langsung diinstal Harus mengatur serangkaian sistem keamanan agar penginstalan berhasil
Tidak ada kemungkinan di banned Memiliki kemungkinan di banned yang tinggi karena aplikasi tidak resmi
Tidak bisa melihat pesan orang lain yang sudah dihapus sebelumnya Bisa mengetahui pesan walaupun sudah dihapus oleh pemiliknya
Status online dan ‘sedang mengetik…’ selalu ada Status online dan ‘sedang mengetik… ’ bisa dihilangkan
Hanya terdapat dua tema, yaitu gelap dan terang Memiliki banyak tema yang bisa diterapkan secara gratis
Akan terupdate secara otomatis apabila terdapat update dari pengembang Harus mengupdate dengan manual apabila pengembang menghadirkan versi APK terbaru
Aman dari virus dan malware karena dilengkapi dengan sistem keamanan yang ketat Sangat rawan dengan virus serta malware yang dapat membahayakan keamanan privasi

Memiliki berbagai kelebihan sekaligus kekurangan, pengguna harus bijak dalam menginstal APK RA WhatsApp. Hal ini karena tidak ada pihak yang bertanggungjawab atas segala konsekuensi. Namun, disamping itu, pengguna juga dapat menggunakan berbagai fitur menariknya. Jadi, selamat mencoba!